IoT (Internet of Things) : Pengertian, Unsur, dan Cara Kerjanya

 

IOT

 Sekarang ini teknologi semakin berkembang seiring dengan bermunculan berbagai macam inovasi. Dengan memanfaatkan Layanan Cloud Indonesia untuk menyimpan data secara online. Kemudian tercipta salah satu program bernama IoT. IoT adalah sebuah inovasi yang diciptakan untuk menggerakan objek secara otomatis. 


Apa Itu IoT?

IoT atau Internet of Things yang merupakan sebuah program yang terdapat di dalam sebuah objek agar dapat bekerja secara efisien. Nantinya objek tersebut dapat mengirimkan data - data secara nirkabel. Sehingga ketika Anda ingin mengoperasikannya hanya perlu menghubungkannya melalui internet.


Unsur - Unsur Internet of Things


Bagi Anda yang belum memahaminya, di dalam IoT ini terdapat beberapa unsur yang membentuknya, antara lain :


1. Artificial Intelligence (AI)

Unsur pertama IoT adalah Artificial Intelligence yang biasa kita artikan sebagai kecerdasan buatan. Dengan adanya kecerdasan buatan tersebut maka teknologi yang tercipta dapat melakukan tugasnya dengan mandiri tanpa menunggu perintah. Dari berbagai kumpulan data dan komponen yang ada nantinya akan tercipta AI. 


2. Komponen Sensor

Unsur berikutnya yaitu adanya komponen sensor. Bagian ini sangat penting dalam mendukung Internet of Things ini. Nantinya sensor tersebut akan bertugas untuk membaca apa yang di luar alat lalu informasi yang ada akan diolah. Lalu contohnya seperti robot akan dapat melakukan tugas karena ada rangsangan dari sensor.


3. Adanya Konektivitas

Berikutnya dari unsur IoT adalah adanya konektivitas. Setiap bagian di dalam IoT ini tentunya akan saling terhubung antar jaringan. Sehingga setiap bagian dapat bertukar informasi atau data dengan mudah dan cepat. Maka dari itu konektivitas sangat penting karena bagian - bagian di dalamnya tidak bisa bergerak sendiri. 


4. Adanya Komponen Berukuran Kecil

Selanjutnya yaitu terdapat unsur sebuah komponen berukuran kecil sebagai pendukung IoT ini agar bisa berfungsi dengan baik. Sekarang perangkat kecil sudah bisa melakukan banyak hal. Berbeda dengan zaman dahulu yang membutuhkan perangkat berukuran besar yang hanya bisa melakukan proses secara terbatas. 


Cara Kerja Internet of Things

Kemudian cara kerja dari Internet of things atau IoT adalah dengan menggunakan bahasa pemrograman yang sudah terbentuk. Setelah itu program yang sudah ada akan berfungsi untuk memberikan sebuah perangkat agar bisa berinteraksi atau bekerja otomatis. Dengan begitu Anda tidak perlu mengoperasikannya manual. 


Tidak lupa bahwa perangkat akan bekerja dengan efektif harus membutuhkan adanya jaringan internet. Anda nantinya hanya bertugas mengawasi jalannya setiap proses alat yang menggunakan IoT tersebut. 


Dengan demikian, adanya inovasi ini akan memberikan kemudahan bagi manusia dalam menjalankan pekerjaannya. Bahkan di masa depan nanti sangat memungkinkan tenaga manusia akan tergantikan dengan robot. Bagaimana pendapat Anda? 

Previous
Next Post »