Cara Membuat Faktur Pajak Online Melalui Aplikasi E-Faktur

 


Faktur pajak keluaran merupakan faktur pajak yang dibuat oleh pengusaha kena pajak yang melakukan penyerahan barang ataupun jasa kena pajak ataupun barang atau jasa kena pajak yang masuk di dalam golongan barang mewah. FKP ini berhubungan dengan pajak pertambahan nilai yang di pungut oleh PKP penjual pada saat melakukan penyerahan BKP/ JKP kepada PKP pembeli. Pembuatan faktur dari pajak ini adalah sebuah konsekuensi dari perubahan system perpajakan di Indonesia dengan menggunakan system self assessment. Dimana system ini mengharuskan pelaku usaha untuk melakukan pemotongan, pembayaran serta pelapangan pajak secara mandiri. Sebuah informasi yang tertera pada faktur pajak online diantaranya adalah identitas lawan transaksni (pkp pembeli), nama BKP atau JKP yang ditransaksikan, harga jual, dasar pengenaan harga, PPn dan pajak penjualan atas barang mewah. 

Semua informasi tersebut haruslah di isi dengan lengkap akan tetapi apabila ada data yang tidak tersedia maka informasi tersebut di isi dengan angka nol. Ketika seluruh data dari FKP selesai dibuat maka PKP harus meng upload untuk mendapatkan status approval dari ditjen pajak. Setelah mendapatkan approval, PKP baru akan menyampaikan faktur pajak keluaran kepada lawan transaksinya. 

Pembuatan faktur pajak keluaran

Sebuah faktur pajak keluaran wajib dibuat pada saat penyerahan BKP, penyerahan JKP, penerimaan pembayaran dalam hal pembayaran diterima sebelum penyerahan BKP/JKP, pembayaran termin dalam hal penyerahan sebagai tahap pekerjaan dan pada saat laun yang diatur berdasarkan peraturan Menteri Keuangan. Pembuatan faktur pajak online ini awalnya dibuat secara manual akan tetapi sejak tahun 2015 faktur pajak keluaran dibuat dengan menggunakan aplikasi e-faktur.

Cara pembuatan Faktir pajak keluaran di apikasi e-Faktur

Untuk dapat menggunakan aplikasi e-faktur sebuah PKP hars mendownoad dan kemudian menginstall aplikasi e – faktur di computer ataupun laptop. Setelah itu PKP dapat menggunakan e-faktur untuk membuat sebuah faktur pajak onlinekeluaran. Cara membuat sebuah FKP menggunakan aplikasi e-faktur diantaranya adalah :

1. Sebagai penggunaka lakukan login di aplikasi e-faktur

2. Klik menu “Faktur” kemudian masuk ke “Administrasi faktur”

3. Pilih “Rekam faktur”

4. Pilih detai transaksi sesuai dengan jenis lawan transaksi rekan

5. Jenis faktur. Pilih nomor 1 untuk membuat faktur pajak baru

6. Nomor referensi dapat diisi dengan catatan yang diperlukan termasuk untuk menulis NIK bagi lawan transaksi yang tidak mempunyai NPWP

7. Klik “lanjutkan”

8. Masukan idenstitas lawan transaksi seperti NPWP, Nama dan alamat lengkap. Apabila pengguna mempunyai lawan transaksi yang sama untuk setiap transaksi, pengguna dapat klik tombol F3 atau tombol cari NPWP. Kan tetapi sebelumnya pengguna harus merekam identitas masing – masing lawan transaksi melalui menu referensi- ;awan transaksi – administrasi lawan transaksi.

9. Klik “Lanjutkan”

10. Pilih “Rekam Transaksi”

11. Isikan detail penyerahan BKP/JKp

12. Pilih “Simpan” untuk menyelesaikan pembuatan faktur pajak keluaran

13. Sebagai seorang pengguna akan diarahkan kembali ke menu “Administrasi faktur” kemudian klik “perbaharui” untuk melihat faktur pajak keluaran yang belum di approve.

Itulah cara membuat faktur pajak online di aplikasi e-faktur. Setelah membuatnya pengguna harus mengupload faktur tersebut. Untuk melakukan upload FKP, pengguna cukup menjalankan perintah “management Upload” dan mengentri password e-Nofa yakni sebuah password yang dikirim melalui email ketika perusahaan sukses mendaftar menjadi PKP. Setelah mengupload maka akan muncul status pproval yang berari bahwa faktur tersebt sudah diterima. Terakhir klik tombol PDF untuk di simpan dalam file PDF.


Latest
Previous
Next Post »