Tanda – Tanda Bayi Siap Diperkenalkan Dengan MPASI



MPasi

Anda harus tanggap dengan perkembangan bayi atau pertumbuhan bayi. Salah satu contohnya adalah tentang menu MPASI pertama bayi. Jika bayi memasuki pada usia 6 bulan, Bunda sudah mulai bersiap-siap memperkenalkan bayi pada MPASI atau makanan pendamping asi. Mengapa harus menunggu 6 bulan? Karena pada usia tersebut, sistem pencernaan pada bayi Anda sudah lebih siap menerima asupan lain selain susu atau ASI. Jika kurang dari usia tersebut, sistem pencernaan akan bekerja lebih berat untuk mengolah makanan selain susu.

Selain dari usia bayi, Bunda juga dapat mengenali tanda-tanda bayi butuh MPASI, salah satu tan-tandanya adalah:

  1. Bayi sudah dapat duduk tegak dan menegakkan kepalanya.
Pada umumnya bayi sejak berusia 4-5 bulan sudah dapat duduk tegak dan menegakkan kepalanya. Lehernya sudah kuat. Hal ini penting, agar lehernya lurus ketika ia menelan makanan. Bila ia belum dapat menegakkan kepalanya dengan baik, sebaiknya pemberian MPASI ditunda terlebih dahulu.

  1. Bayi sudah dapat duduk di high chair (kursi khusus anak untuk makan)
Postur tubuh sangat penting ketika bayi makan. Biasakan bayi duduk di high chair ketika makan. Sejak pertama kali diperkenalkan MPASI, ia harus dibiasakan makan sambil duduk dan berada di lingkungan meja makan. Inilah tahap awal mendidik anak untuk makan bersama keluarga di meja makan. Jangan menyuapi anak di baby walker, bounce chair, atau tempat lainnya yang tidak memungkinkan bayi duduk dengan tegak.

Previous
Next Post »