Penyebab dan Gejala Utama Terjadinya Tulang Belakang HNP


Tulang Belakang

HNP atau Herniasi Nukleus Pulposus muncul akibat terjadi penonjolan pada inti diskus. Akibatnya, saraf mengalami tekanan, kesemutan, dan lain-lain. Di kalangan masyarakat, penyakit ini sering disebut dengan saraf terjepit. Berdasarkan data dan analisis dari Dr Wong Chung Chek, simak penyebab sekaligus gejala utama HNP sebagai berikut.

HNP Muncul Akibat Obesitas dan Pekerjaan
Faktor obesitas turut menyumbang terjadinya tulang belakang HNP. Terjadinya kelebihan berat badan bisa menyebabkan diskus punggung bawah mengalami tekanan tinggi. Kadang, obesitas juga dikarenakan oleh pekerjaan tertentu. Selain obesitas, pekerjaan tertentu bisa memunculkan hal yang sama. Misal pekerjaan yang menitikberatkan aktivitas di punggung.

HNP juga Muncul Akibat Faktor Genetika
Meskipun cukup kecil, agaknya penyebab utama ini patut diwaspadai. Setiap dokter spesialis yang menangani tulang belakang hampir pasti akan menanyakan perihal ini pada Anda tiap kali diperiksakan. Berhubung dipengaruhi oleh faktor genetika, biasanya lebih mudah ditangani. Segera konsultasikan ketika mengalami gejala-gejalanya.

Lengan dan Kaki Terasa Sakit
Gejala yang muncul mula-mula adalah penumpukan rasa sakit di area lengan dan kaki. Terutama ketika Anda mengalami HNP yang berada di punggung bawah atau yang disebut dengan HNP lumbal. Rasa sakit yang paling parah bisa merambat ke area bokong, paha, serta betis. Kadang sampai terasa tidak enak badan untuk melakukan aktivitas apa pun.

Dr. Wong Chung Chek juga menengarai rasa sakit yang terjadi di lengan. Efek samping ini muncul akibat tulang belakang HNP yang terjadi pada area leher. Dampaknya bisa memburuk dan menghasilkan batuk serta bersin yang tak wajar. Bahkan bisa menggerakkan tulang belakang kepada posisi yang berbeda sama sekali dari sebelumnya.

Terjadi Gangguan Saraf pada Lengan dan Kaki
Kesemutan yang terjadi di lengan dan kaki untuk kasus HNP dikarenakan adanya gangguan saraf. Khususnya yang berada di bagian tubuh yang sarafnya terkena HNP. Kadang terasa mati rasa ketika kesemutan itu dibiarkan lama-lama. Berbeda dengan kesemutan biasa. Penderita HNP harus berhati-hati karena memiliki potensi kelumpuhan di area tersebut.

Keseimbangan Tubuh Memburuk
Setiap dokter spesialis tulang belakang, tidak terkecuali Dokter Wong Chung pun selalu mengantisipasi gejala ini. Memburuknya keadaan akibat tulang belakang HNP bisa bikin seseorang mudah tersandung saat berjalan. Apabila tengah memegang serta mengangkat barang, secara mendadak hilang kekuatan.

Gejala ini tentu bisa memperburuk keadaan Anda apabila sudah memasuki dunia kerja profesional. Oleh karena itu, segera konsultasikan pada dokter spesialis untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut mengenai penanganan terbaiknya.

Dokter Wong Chung Chek adalah seorang dokter spesialis tulang belakang yang sangat profesional. Beliau pernah dianugerahi penghargaan oleh Royal College of Surgeons di Edinburg. Dalam hal penyakit tulang belakang HNP, tentu Dokter Wong Chung memiliki penanganan terbaik agar Anda lekas sembuh. Segera hubungi saat gejala di atas terjadi.

Previous
Next Post »