Cara Mudah Kendalikan Pengeluaran Belanja Online


Belanja

Belanja online memang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Selain mudah, belanja online juga sangat menyingkat waktu. Apalagi sekarang sudah banyak bermunculan fasilitas belanja online yang memungkinkan kamu mendapatkan beragam jenis produk menarik. Ditambah lagi, toko-toko online sering memberikan diskon besar-besaran.

Sekali saja mendapat kepuasan belanja online biasanya seseorang akan ketagihan untuk belanja lagi dan lagi. Apalagi kalau sudah punya fasilitas e-banking. Membayar produk pesanan menjadi semakin mudah karena tinggal klik tanpa harus pergi keluar rumah mencari ATM. Dengan adanya e-banking, belanja online benar-benar bisa dilakukan di rumah mulai dari pesan barang hingga membayar.

Tapi tunggu dulu! Kemudahan ini jelas memberi kamu keleluasaan untuk berbelanja online. Tapi perlu diperhatikan bahwa semua kemudahan ini justru bisa membuat kamu rugi banyak. Karena mudah, seringkali kamu jadi keasyikan berbelanja online. Alhasil, kamu kemudian tidak bisa mengontrol keinginan dan malah mengeluarkan banyak uang untuk belanja barang-barang yang sebenarnya kurang begitu penting.

Tips Mengendalikan Keinginan Belanja Online
Bagi pecinta belanja online, terutama wanita, mengendalikan keinginan untuk berbelanja jelas bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Kalau sudah ada barang yang menarik langsung saja dibeli tanpa berpikir panjang. Hal seperti ini terus terulang berkali-kali sampai tanpa kamu sadari pengeluaran menjadi membengkak.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, inilah dia beberapa tips mengendalikan keinginan belanja online yang bisa kamu lakukan :

1.    Buat Prioritas
Buatlah prioritas barang-barang yang kamu butuhkan. Semakin dewasa, kamu seharusnya semakin bisa membedakan mana yang kebutuhan mana yang hanya keinginan. Jangan sampai dirimu dikuasai oleh keinginan yang malah membuat kamu merugi. Sesekali mungkin tidak masalah membeli barang yang kamu inginkan asal jangan keterusan.

2.    Sisihkan Anggaran untuk Belanja Online
Belanja online memang menyenangkan tapi kalau tidak dibatasi maka kamu bisa sangat boros. Cobalah untuk membatasi pengeluaran belanja online dengan cara menyisihkan anggaran khusus. Jika kamu memang hobi belanja online, maka buat anggaran setiap bulannya berapa besarnya uang yang bisa kamu keluarkan untuk belanja online.

3.    Belanja di Saat Promo
Agar lebih hemat, maka kamu bisa berbelanja di saat promo. Ini juga bisa membantu mengendalikan keinginanmu belanja online karena dengan belanja di saat promo otomatis kamu hanya akan membeli produk yang sedang dipromosikan dan memang kamu butuhkan. Biasanya toko online dan marketplace sering menggelar program promo yang menarik.

4.    Non-aktifkan e-Banking
E-banking menjadi salah satu fasilitas yang sangat memudahkan kamu untuk melakukan beragam jenis transaksi. Tapi, perlu diketahui bahwa kemudahan dari e-banking terkadang justru membuat kamu terlena untuk belanja.
Jika dirasa e-banking hanya membuat kamu boros belanja maka lebih baik kamu menon-aktifkan fitur yang satu ini sehingga keinginan belanja online lebih terkontrol.

5.    Alihkan Perhatian
Di waktu luang, sebaiknya kamu lakukan hal lain daripada kamu scrolling toko online atau marketplace. Cobalah main game saja atau membaca buku atau menonton TV. Lakukan hal lain yang bisa membuat perhatianmu teralihkan dari beragam pilihan produk yang dijual di toko online atau marketplace.

Meskipun harus dikendalikan namun belanja online tidak ada salahnya untuk dilakukan asal masih dalam batas yang wajar. Bagi kamu yang ingin berbelanja online dengan nyaman, kamu bisa langsung mengunduh aplikasi Blibli.com. Aplikasi ini akan menjadi teman belanja online yang menguntungkan dan bisa kamu akses dimana saja kapan saja lewat smartphone-mu.

Previous
Next Post »