Kenali Ragam Batu Bata untuk Dekorasi Ruangan



Furniture Modern


Siapa yang tidak kenal batu bata? Salah satu material penting di dalam bangunan ini ternyata tidak hanya digunakan untuk memperkuat dinding saja, namun juga dapat dijadikan elemen dekorasi interior ruangan.

Walau kini banyak material baru yang bermunculan seperti gypsum dan bambu, namun batu bata tidak pernah sepi peminat. Ada saja yang menggunakan batu bata dalam konsep interior. Jika Anda ingin mendapatkan kesan yang alami, tradisional, industrial, vintage, dan klasik, dinding dengan bata ekspos ini bisa digunakan. Kesan unfinished look yang khas mampu mempertegas kesan yang Anda inginkan.

Biasanya bata ekspos ini banyak digunakan di konsep non-modern. Namun zaman sekarang tidak menutup kemungkinan jika bata ekspos ini dapat masuk ke desain modern. Padukan saja dengan furniture modern, dinding bata ekspos pun akan terlihat segar dan bergaya masa kini.

Ada beberapa jenis batu bata ekspos yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan menggunakannya. Apa saja? Simak beberapa jenisnya di bawah ini.

Batu bata tanah liat
Batu bata tanah liat ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu bata biasa, bata ekspos, dan bata KWD. Bata biasa adalah bata merah yang memiliki permukaan dan warna yang tidak beraturan. Bata ini biasa Anda lihat untuk pembuatan dinding dengan campuran semen sebagai perekat. Lalu bata ekspos atau bata muka ini memiliki permukaan yang lebih rapi dengan warna yang seragam. Inilah bata yang biasa digunakan untuk dekorasi dinding. Sedangkan bata KWD ini adalah bata hias yang terbuat dari tanah liat semi padat, tapi tetap memperlihatkan tekstur bata yang jelas. Bata ini memang tidak sehalus bata terakota, namun harganya lebih murah. Kesan alami dan artsy-nya pun tidak ketinggalan.

Batu bata tempel
Bata tempel ini memiliki ukuran yang tipis dan mudah digunakan. Hanya dengan menempelkannya di dinding yang sudah jadi, maka konsep bata ekspos pun langsung tercipta. Bata ini memiliki ketebalan 2 cm, jadi tidak akan membuat dinding atau pilar terlihat semakin tebal

Batu bata terakota
Batu bata ini memiliki permukaan halus jika dibandingkan dengan bata biasa. Bentuknya yang presisi dan rapi ini memiliki harga yang lebih mahal dibanding bata lainnya. Walau mahal, bata ini memiliki ketahanan dan keawetan yang cukup lama.

Previous
Next Post »